mirandika

BiNusian weblog

YAKULT

June21

Tingkat kesulitan: tinggi

Yakult, minuman susu fermentasi yang agak keruh ini mengandung bakteri yang diklaim dapar memperbaiki kesehatan Anda, bukanlah produk termudah untuk dijual.

Pada tahun 1930, ilmuwan Jepang Dr. Minoru Shirota menemukan sejenis bakteri, Lactobacillus casei Shirota, yang baik untuk usus manusia dan cukup kuat untuk bertahan dalam proses pencernaan. Karena dirinya seseorang yang percaya dengan pentingnya kesehatan usus, Shirota menulis sloga “usus sehat menjamin usia panjang” dan mengembangkan sebuah minuman berbasis glukosa dan susu skim yang mengandung bakteri tersebut, yang diberinya nama Yakult (berasal dari kata Esperanto untuk yoghurt).

Pabrik Yakult Honsa dibuka pada 1995. Tapi bagaimana caranya menjual botol-botol kecil 65 ml ini, yang masing-masing hanya mengandung 1-2 tegukan cairang rasa sitrus yang berisi ratusan juta bakteri hidup ? . Sebagai sebuah proposisi bisnis, usaha ini harus dicap dengan kata-kata “Tingakat kesulitan – Tinggi”. Perusahaan menyewa satu skuadron wanita berseragam jaket hijau yang dikenal dengan “Yakult Ladies” untuk menjelaskan manfaatnya secara langsung, menghantarkan botol-botol dalam kotak terinsulasi seperti halnya tukang susu. Saat ini masih ada sekitar 50.000 Yakult Ladies di Jepang, menjual sekitar 70 persen dari produk ini, dan 30.000 Yakult Ladies lainnya berada di negeri-negeri lain, terutama Amerika Latin. Yakult juga sukses di Inggris, di mana mereka menjual 250.000 botol setiap hari, dan di Australia yang menyediakan layanan antar ke rumah-rumah. Sebagian besar bisnisnya masih tetap di Jepang, di mana mereka menjual sekitar 10 juta botol per hari.

Yakult ini merupakan sebuah bisnis bernilai dua miliat dolar AS dan memiliki beberapa pesaing, walaupun mereka mengklaim jenis bakteri mereka itu unik. Entah Yakult memang benar-benar unik atau tidak, sukses penjualannya membuktikan bahwa selalu ada cara untuk menjual apa pun.

posted under Mini Cases

Email will not be published

Website example

Your Comment: